Headlines News :
Home » , » Peta Untuk Kehidupan

Peta Untuk Kehidupan

Written By Cakrawala Magazine on Wednesday, February 27, 2013 | 1:01 AM


Kehidupan adalah perjalanan singkat, namun impian seringkali begitu banyak, tidak semua yang kita impikan bisa kita wujudkan, dan tidak berarti pula hanya sedikit impian yang bisa kita dapatkan. Setiap dari kita tentunya memiliki impian untuk masa depan, entah itu menjadi seorang ilmuwan, ulama, pengusaha, seniman,  sukses di usia muda, menjadi public figure, kaya dan terpandang ataupun hal lainnya. Semua bisa didapatkan bila kita memiliki tujuan dan perencanaan yang jelas dalam kehidupan.

Ada sebuah perumpamaan yang menarik untuk orang yang tidak memiliki rencana dan tujuan jelas dalam hidup, bagaikan seseorang  menaiki taksi dengan uang banyak disaku tapi tidak tahu arah dan tujuan, dan hanya berkata kepada supir “Jalan saja pak, terserah mau kemana, saya punya uang 200 ribu!” Apa yang terjadi? Supir tentu malah bingung dan akhirnya hanya membawanya berputar-putar hingga argo mencapai angka Rp 200.000,00 dan orang itu diturunkan di tempat semula.

Sia sia bukan? Kehilangan uang, waktu dan tenaga untuk hal yang tidak manfaatnya. Begitu pula dalam kehidupan ini, jika kita menjalani hidup tanpa tujuan yang jelas, tidak tahu arah dan tujuan, hanya larut dalam arus kehidupan layaknya orang diatas. Untuk menghindarinya, kita perlu membuat pemetaan kehidupan (life mapping), agar kita tahu  hendak dibawa kemana diri kita, apa hal yang harus kita kejar dan prioritaskan, dan tentunya bagaimana cara mencapainya.

Karena dengan memiliki pemetaan atau perencanaan yang jelas, hidup menjadi lebih terarah, akan jelas mana hal-hal yang perlu dan harus dilakukan, dan mana yang harus ditinggalkan. Hidup tidak sebatas memikirkan apa yang terjadi saat ini saja, tapi harus berfikir jauh kedepan. dihiasi dengan target-target yang ingin dicapai. Hidup akan terasa hampa jika hanya mengikuti alur dan melakukan hal-hal yang biasa saja. Oleh karena itu, dengan adanya pemetaan kehidupan (life mapping) kita menjadi lebih bisa menghargai waktu, dan terlatih untuk memprioritaskan kegiatan kepada hal-hal yang bermanfaat.

Namun perlu kita ingat, perencanaan hidup haruslah  benar,  jangan sampai salah merencanakan. Karena ada suatu ungkapan yang bijak, “If you fail to plan, you plan to fail”, “jika Anda gagal merencanakan, berarti Anda merencanakan kegagalan.”

Tentu, kita semua tidak ingin gagal dalam hidup ini, dan kesukesanlah sebagai motivasi terbesar dalam hidup, sehingga pemetaan kehidupan menjadi sangat krusial bagi kita. Untuk itu, kenali diri, hendak kemana pergi, apa saja bekal yang harus dibawa untuk mencapai tujuan kita, jalan mana yang mesti ditempuh dan mana yang harus dihindari, dan bersiaplah menghadapi segala kemungkinan yang akan menghambat. Jika sudah, maka saatnya kita menyusuri jalan ke tempat yang kita tuju, dengan seizin Allah SWT pastilah kita sampai disana. 
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2011. Cakrawala Magazine - All Rights Reserved