Headlines News :
Home » , » SPL Mahasiswi Fakultas Ushuluddin Kampus Institut Studi Islam Darussalam (ISID) Gontor Putri di Malaysia

SPL Mahasiswi Fakultas Ushuluddin Kampus Institut Studi Islam Darussalam (ISID) Gontor Putri di Malaysia

Written By Cakrawala Magazine on Sunday, March 31, 2013 | 7:41 AM


   
         Institut Studi Islam Darussalam (ISID) adalah lembaga pendidikan tinggi (perguruan tinggi) di Pondok Modern Darussalam Gontor,  kini memiliki 3 fakultas, yaitu Fakultas Ushuluddin, Fakultas Syari’ah, dan Fakultas Tarbiyah dengan dua sampai tiga jurusan di setiap fakultasnya.

            Salah satu program yang termuat dalam SKS di ISID, adalah Studi Pengayaan Lapangan yang ditujukan kepada mahasiswa/i semester 6 sebagai perluasan, pembelajaran dan penambahan pengetahuan dari apa yang telah dipelajari secara teori di kampus ISID sendiri selama 5 semester. Program ini rutin diadakan setiap tahunnya dengan terjun langsung ke objek-objek tertentu di lingkungan masyarakat, yang sesuai dengan fakultas dan jurusan masing – masing.

Sebagai mahasiswa guru yang mempunyai amanat untuk mengajar santri dan sekaligus belajar di bangku kuliah, maka agar tidak merubah dan mengganggu sistem belajar mengajar untuk santri sendiri, kegiatan SPL dilakukan tiap fakultas dengan waktu yang berbeda. Seperti, fakultas Syariah yang mengadakan SPL di bulan November 2012 kemarin, Ushuluddin di akhir bulan Februari, dan Tarbiyah di pertengahan bulan Maret.

Untuk lebih memperluas wawasan serta jangkauan pengetahuan mahasiswa/i nya, SPL untuk Fakultas Ushuluddin tahun ini diadakan di Jakarta untuk mahasiswa dan negara tetangga Malaysia untuk mahasiswinya. Ini merupakan sebuah langkah baru, dan patut untuk diteruskan dan ditingkatkan, yang dimana, tahun-tahun sebelumnya SPL hanya diadakan di daerah-daerah di Indonesia.

SPL untuk Mahasiswi ini sendiri, diadakan dari tanggal 23 februari sampai 3 Maret 2013, yang diikuti oleh 31 peserta, dengan 4 pembimbing, yaitu: al-Ustadz Syamsul Hadi Untung, MA, MLSc, al Ustadz Jeffry Muchlasin, Ustadzah Silvy Suroyya Sahar, & Ustadzah Sumayya Noor.

Selama SPL, Para peserta tinggal di asrama USIM (Universitas Sains Islam Malaysia) dan  diisi  dengan session-session setiap harinya, pertemuan dengan pihak USIM, lalu berkunjung ke IIS (International Islamic School) Malaysia, dan juga mengunjungi beberapa tempat peribadatan di Malaysia. Para peserta juga menyempatkan berkumpul dan silaturahmi dengan IKPM (Ikatan Keluarga Pondok Modern) cabang Malaysia.

Materi yang disampaikan di SPL ini sendiri, selain tentang pengetahuan-pengetahuan secara langsung tentang agama-agama dan pemikiran dari masyarakat, juga banyak disampaikan tentang leadership atau kepemimpinan yang dihubung-hubungkan dengan aqidah, yang akhirnya meskipun lebih condong ke arah pendidikan, tetap bisa dipandang dari perspektif Ushuluddin itu sendiri. Seperti apa yang disampaikan Ustadzah Sumayya Noor, kepada peserta SPL, “Sebagai mahasiswi, kalian memang dituntut untuk pandai-pandai menyikapi segala hal, dan mampu melihat semua yang disampaikan melalui kaca mata Ushuluddin”.

Kegiatan SPL ini selesai pada hari Ahad, 3 Maret 2013. Dan pesertanya langsung dituntut kembali aktif di kegiatan-kegiatan pondok dan kampus, sekaligus mengaplikasikan apa yang sudah didapat dan dipelajari dari kegiatan SPL tersebut.
             
             
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2011. Cakrawala Magazine - All Rights Reserved