Headlines News :
Home » , » ISTIQOMAH

ISTIQOMAH

Written By Cakrawala Magazine on Wednesday, February 27, 2013 | 1:10 AM


Istiqomah bisa diartikan sebagai keberlangsungan yang terus menerus dalam kebenaran dan kebaikan. baik dalam ucapan, perbuatan, keyakinan, sikap, maupun nilai. Sedangkan niat adalah kemauan hati untuk melakukan sesuatu. Tempatnya ada di dalam hati, bukan di mulut. Hal yang utama dalam  melakukan segala sesuatu adalah niat. Karena setiap pekerjaan pasti didahului dengan niat. “Sesungguhnya semua amalan itu hanyalah dengan niat, dan bagi setiap orang mendapatkan apa yang telah ia niatkan.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Ketika seseorang memutuskan untuk menuntut ilmu di luar negeri, tentunya ini adalah  niat dan tujuan baik yang ia bawa dari tanah airnya. Tinggal bagaimana membawa niat dan tujuan yang baik itu kepada suatu jalan yang baik. yaitu, istiqomah. Dan ini bukan perkara yang mudah, butuh proses dan perjuangan yang sulit. Oleh karena itu, niat yang baik akan memudahkan proses perjuangan tersebut.

 Kita sama-sama mengetahui begitu banyak godaan yang ada di lingkungan sekitar. Karena memang Pengaruh lingkungan pasti sangat besar. Terutama dari sisi negatif. Maka dari itu, sikap istiqomah sangat dibutuhkan,. Apalagi  jauh dari keluarga dan kerabat, sedikit  yang mengontrol maupun mengingatkan. Jika tidak bisa mempertahankan diri dari sikap istiqomah, maka akan terjerumus kedalam pengaruh-pengaruh negatif yang ada. Na’udzubillahimindzalik. Dalam Al-Qur’an Allah SWT berfirman : “Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan, ‘Rabb kami adalah Allah’, kemudian mereka meneguhkan pendiriannya (beristiqamah), maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada pula berduka cita. Mereka itulah penghuni-penghuni surga , mereka kekal di dalamnya sebagai balasan atas apa yang telah mereka kerjakan.” (QS al-Ahqaaf: 13-14).

Dalam ayat diatas, Allah berjanji bahwa siapa yang beristiqomah dengan pendiriannya, maka mereka termasuk golongan penghuni surga. Janji Allah selalu dan pasti benar. Oleh karena itu, mari kita teguhkan pendirian kita, berusaha untuk selalu istiqomah dengan niat baik yang kita bawa jauh-jauh dari tanah air tercinta. Nun jauh disana, banyak yang mengharapkan kesuksesan kita. Semoga kita termasuk orang yang selalu istiqomah dengan niat dan tujuan kita.dan akhirnya kita termasuk golongan penghuni surgaNya. Amiin. 
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2011. Cakrawala Magazine - All Rights Reserved