Headlines News :
Home » , » SEMINAR KEBERSIHAN Ajari Santri Mengolah dan Membudidayakan Sampah

SEMINAR KEBERSIHAN Ajari Santri Mengolah dan Membudidayakan Sampah

Written By Cakrawala Magazine on Wednesday, February 27, 2013 | 1:05 AM


 Betapa besar jasa Gontor terhadap santrinya, bukan hanya dalam bidang akademis saja. Akan tetapi, Gontor juga mengajarkan tentang pentingnya hal kebersihan. Berpedoman pada semboyan  “Annadzofatu minal-iman” yang artinya “Kebersihan sebagian dari iman” Pondok Modern Darussalam Gontor ingin menanamkan kepada setiap jiwa santrinya untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungannya serta membangkitkan pola pikir yang modern dan maju.

Dalam mengajarkan santrinya untuk berpola hidup  rapi, bersih, dan sehat. Selain membuat peraturan untuk tidak membuang sampah sembarangan dan mengenakkan sanksi bagi yang melanggarnya, termasuk ,menyediakan tempat sampah di seluruh area pondok.  Untuk menyikapi itu hal itu, sekaligus mengajarkan lebih mendalam tentang manfaat dan bahaya sampah, Bagian Kebersihan Lingkungan, Organisasi Pelajar Pondok Modern (BERLIN-OPPM) menyelenggarakan penyuluhan berupa “seminar tentang pengolahan sampah dan cara membudidayakannya.”

Seminar di laksanakan pada hari jum’at (9/11) siang. dengan jumlah peserta mencapai 210 orang. Diikuti dari  perwakilan tiap tiap rayon (asrama santri-red) se-Darussalam. Dari 21 rayon, masing-masing mengikutsertakan 9 orang, yaitu perwakilan dari salah satu ketua rayon dan di tambah 8 anggotanya. Seminar yang bertempat di gedung aula pakistan itu mendatangkan pembicara yang handal dari Surabaya. Beliau adalah Bpk, Wawan Semo dan merupakan pengawas seluruh tempat pembuangan sampah (TPS) se-jawa timur.

Selain itu, Gontor juga mendapatkan sumbangan berupa tempat pembuangan sampah terpadu (TPSP) yang berlokasi di sebelah utara lapangan windu. Dengan adanya TPSP ini, sampah-sampah di pondok di kelompokkan menjadi 2 jenis yaitu: sampah organik dan sampah non organik. Untuk sampah yang organik akan dikelola  menjadi pupuk. Sedangkan untuk sampah  non organik  akan dijual ke pusat penjualan sampah untuk di daur ulang.

Setelah seluruh peserta mengikuti seminar ini, diharapkan mereka bisa memahamkan kepada santri yang lain tentang betapa pentingnya menjaga kebersihan. Dan sekaligus mereka bisa menjadi pelopor tentang masalah penanggulangan sampah yang baik. Bukan hanya di dalam pondok, tapi ketika mereka sudah lulus dari pondok dan terjun ke masyarakat. Sehingga bisa menjadi contoh yang baik bagi masyarakat sekitarnya.

                       

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2011. Cakrawala Magazine - All Rights Reserved