Headlines News :
Home » , » USAHA DAN DO'A

USAHA DAN DO'A

Written By Cakrawala Magazine on Wednesday, February 27, 2013 | 2:06 AM


            Alkisah, pada suatu hari ada seorang  pemuda  yang sedang mengendarai sepeda motor di jalan raya, tiba-tiba hujan turun dengan begitu derasnya seakan-akan ditumpahkan dari langit, dengan segera pemuda ini bertepi di bawah atap sebuah toko, lalu dia membuka helm yang dikenakannya dan seketika itu pula perhatiannya langsung tertuju pada langit yang tertutup oleh awan.

Sambil menggigil kedinginan, bibirnya berkomat-kamit melantunkan sebuah do'a "Ya Allah Engkau tahu aku sedang didesak oleh keadaan, aku harus sampai tujuan dengan segera, oleh karena itu aku memohon kepadaMu, hentikanlah hujan ini ya Allah! Tolonglah hambaMu  ini!"  Dan beberapa saat kemudian hujan pun berhenti. Ternyata  Allah mengabulkan doanya, ia pun dengan segera  melajutkan perjalanan seraya bersyukur pada Allah karena telah mengabulkan do'anya.

Di waktu yang berbeda, kejadian yang pernah dialami oleh pemuda itu terjadi kembali, hujan turun begitu deras. Ia pun berdo'a kepada Allah agar hujan itu segera berhenti karena ia ingin melanjutkan perjalanannya. Tetapi kali ini do'anya tidak terkabulkan bahkan hujan yang turun pun semakin deras. Sambil menunggu berhentinya hujan, ia sadar bahwa untuk mengantisipasi turunnya hujan di lain hari, ia harus membawa jas hujan untuk dikenakannya ketika hujan mengguyur bumi, dan disaat itu ia berfikir bahwa ada saatnya dirinya harus mengucapkan do'a, tetapi adapula saatnya dirinya harus berusaha pula.

Beberapa hari kemudian, pemuda ini ke kantor tanpa menggunakan sepeda motor yang biasa menemaninya karena mogok akibat kebanjiran. Ketika ingin kembali kerumah, tiba-tiba hujan kembali mengguyur bumi, tetapi sialnya,  jas hujan yang ia bawa raib entah kemana, dia pun mulai bertanya kesana kemari barangkali ada yang bersedia meminjamkannya payung atau menolongnya dari guyuran air hujan, dan do'a pun mulai dipanjatkannya. Tidak disangka-sangka beberapa saat kemudian ada seorang teman yang hendak meninggalkan tempat itu dengan mengendarai mobil berkata, "Hai teman!! rumah kita searah, mari pulang bersamaku, aku akan mengantarkanmu sampai rumahmu." Pemuda itu pun menumpang mobil temannya dan sampai di rumah dengan selamat tanpa kehujanan.

Peristiwa alam yang sama,  yaitu turunnya  hujan, telah mengajarkan si pemuda bahwa selain berdo'a, juga harus ada usaha dan akhirnya berserah diri kepada Allah. Karena kita apabila hanya sekedar mengandalkan do'a saja tanpa adanya usaha dan kerja nyata tidak akan ada perkembangan dan hasilnya akan nihil alias kosong, sedangkan apabila sekedar kerja keras tanpa diiringi doa memungkinkan kita salah bertindak karena hanya memikirkan hasilnya saja. Namun walau sudah berusaha kita juga harus ingat bahwa Allah lah yng memiliki kuasa atas segala sesuatu, maka wajib lah kita menyerahkan dan menyandarkan segala urusan kepadaNya.

Maka yang paling sempurna adalah usaha dan kerja keras kita yang diiringi dengan do'a, Dan Terakhir bertawakkal kepada Allah. Niscaya segala usaha yang telah kita lakukan akan dikabulkan oleh sang Kholiq dan tentu hasil yang kita inginkan akan sukses dan memuaskan.

Jika kita mau membuka hati, kita akan sadar bahwa Allah tidak akan meninggalkan hambanya, tetapi kita sebagai makhluk ciptaanNya harus berupaya dengan segala cara dan usaha, dan tidak diam begitu saja.
Oleh karena itu marilah kita benahi hidup kita untuk senantiasa berdo'a, berusaha dan bekerja keras serta bertawakkal agar supaya apa yang kita inginkan sesuai dengan harapan.Amiin 
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2011. Cakrawala Magazine - All Rights Reserved