Headlines News :
Home » , » hal yang terkandung di dalam "Isy"

hal yang terkandung di dalam "Isy"

Written By Cakrawala Magazine on Sunday, March 31, 2013 | 7:31 AM


 Gimana kabarnya sobat Cakrawala, semoga kita dapat melaksanakan rutinitas harian kita sesuai dengan rencana dan dalam lindungannya, amiin. Sobat Cakrawala pasti tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini, salah satu makanan pokok penduduk Mesir, pasti sering  kita melihatnya di toko-toko roti atau biasanya dijual di gerai-gerai makanan siap saji.  Selain menjadi makanan pokok penduduk Mesir, makanan ini juga acap kali dimakan dengan tambahan makanan lainnya,  ya tepat, makanan ini bernama isy.

Isy terbuat dari adonan gandum yang di open tanpa rasa alias tawar dan sengaja dibuat sebesar piring dengan adanya ruang diantara dua lapisan yang nantinya berfungsi untuk memasukan berbagai lauk sesuai selera individu penikmatnya, sayangnya mayoritas Masisir  masih menjadikan beras sebagai makanan pangan sehari-hari, padahal beras hanya memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, akan tetapi kandungan protein dan seratnya sedikit.

Berbeda dengan makanan pokok penduduk Mesir ini. Isy yang terbuat dari gandum  sangatlah bermanfaat untuk organ tubuh manusia, gandum mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi, dalam ilmu kesehatan gandum memiliki kandungan karbohidrat antara 60-66%, kadar protein 9,7% sampai 15,57%, lemaknya 1,58-2,66%. Gandum merupakan salah satu pangan yang kaya akan gizi, terutama banyak mengandung vitamin A, protein, dan kaya akan serat.

Dengan banyak mengkonsumsi gandum dapat memperkecil tumbuhnya berbagai macam penyakit, dan dapat melancarkan sistem metabolisme dalam tubuh manusia.  selain itu, beberapa manfaat gandum untuk kesehatan kita diantaranya, yaitu: melancarkan sistem pencernaan, dengan konsumsi serat yang sangat tinggi dalam gandum dapat membantu menangani bermacam-macam keluhan yang terjadi dengan pencernaan seperti susah buang air besar dan mengikat lemak yang berasal dari makanan. Nah, bagi sobat yang ingin diet, makanan yang terbuat dari gandum seperti isy ini dapat menjadi solusinya.

Selain itu gandum juga baik di konsumsi untuk orang-orang yang terjangkit penyakit jantung dan kolesterol. Banyak riset yang telah membuktikan bahwa gandum dapat mencegah terjadinya penyakit jantung koroner yang timbul karena tersumbatnya pembuluh darah yang menuju ke jantung disebabkan kolesterol (LDL). Akibatnya darah yang mengantarkan  oksigen dari paru-paru ke jantung tidak dapat berjalan dengan lancar. Nah sob, dengan mengonsumsi gandum masalah itu bisa dihindari, hal ini bisa terjadi karena gandum memiliki kandungan serat yang tinggi yang dapat mengikat kolesterol yang akan dibuang langsung ke pencernaan tanpa dicerna langsung oleh organ tubuh manusia. Selain itu, gandum juga dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes, karena makanan yang terbuat dari bahan pangan yang telah diolah ini mengandung sedikit kadar gula.

Nah, sekarang tidak ada alasan lagi bagi sobat-sobat Cakrawala untuk tidak suka terhadap isy ini, selain untuk kesehatan, makanan ini juga cocok untuk bagi kamu yang tidak punya cukup waktu untuk memasak dirumah, sebagai menu alternatif. Selamat mencoba dan rasakan khasiatnya.  

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2011. Cakrawala Magazine - All Rights Reserved